Thursday, September 10, 2009

Minahasa Selatan Sehat 2010, Sejauh Mana?

Minahasa Selatan Sehat 2010, Sejauh Mana?
Oleh: Asmar S. Polan, S.KM

Adanya penyakit Campak (sarampa), Demam Berdarah Dengue, TB Paru, Kusta, ISPA, dan Diare dalam masyarakat kita menandakan bahwa masyarakat belum sadar, mau dan mampu untuk hidup sehat, Peingkatan kasus penyakit dari jumlah biasanya
(KLB)seperti Demam Berdarah Dengue dan Campak(Sarampa)...

Mungkinkah mereka belum tahu benar, tidak mau bahkan belum mampu untuk hidup sehat? Suatu pertanyaan yang muncul dibenak orang...mengapa harus demikiaan...?

Kembali pada paragraf pertama, bahwa penyakit-penyakit seperti tersebut diatas termasuk pada penyakit yang berbasis lingkungan.

Satu hal yang menarik, ketika dalam sejumlah kegiatan penyelidikan epidemiologi di Kabupaten Minahasa Selatan terhadap beberapa peningkatan kasus penyakit...terlintas dugaan sementara, berdasarkan hasil observasi dilapangan bahwa mereka yang terserang penyakit-penyakit berbasis lingkungan tersebut tinggal dalam daerah dengan kondisi kesehatan lingkungan yang buruk... Fakta dilapangan berbicara akan kondisi sarana sanitasi dasar, kebersihan perorangan dan kondisi rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan.

Mengapa itu harus terjadi?
Salah siapakah? Persoalan siapa yang salah dan saling menyalahkan,bukanlah jalan keluarnya namun bagaimana kita menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat tersebut.

Dimanakah engkau Sarjana Kesehatan Masyarakat....? haruskah engkau berdiam diri melihat masyarakat tempat kita bergaul bersama harus menderita karenanya...?
Bagaimana dengan status kesehatan mereka?
Apakah kita harus membiarkan mereka sampai tertidur lagi di ranjang pesakitan?
Berapa banyak lagi biaya yang harus ditanggungkan?

Untuk apa Puskesmas yang banyak? Tidak jauh berbeda dengan rumah sakit saja... jika hanya digunakan untuk menampung orang sakit...ini berarti membiasakan masyarakat untuk jatuh sakit bukannya mempertahankan yang sehat menjadi tetap sehat dan yang sembuh tidak kembali sakit lagi...

Jika demikian
Rumah Sakit lah yang ditingkatkan biar pasiennya tambah banyak dan pemasukannya meningkat...tidak perlu masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat jika hanya slogan belaka! waduh berarti paradigma sehat itu hanya slogan yang penuh dengan bualan belaka!

Ingat, 80% masyarakat Minahasa Selatan adalah orang sehat dan sisanya adalah orang sakit...tanggung jawab kita lebih besar dan lebih berat....!

Jangan biarkan mereka terbelenggu oleh konsep lama...

Hidup sehat tidak perlu biaya besar hanya perlu kesadaran;kemauan;kemampuan untuk hidup sehat...jangan tunggu sampai anda sakit lagi!

No comments:

Post a Comment

sampaikan komentar anda